Cara Agar Bisa Beradaptasi Rukun Dengan Orang Lain

Cara Agar Bisa Beradaptasi Rukun Dengan Orang Lain . Hal ini bisa dicapai dengan cara memahami karakter orang lain. Hal ini diperlukan agar terjadi kerukunan. Kadang terjadi hubungan yang tidak rukun antara dua/beberapa orang dalam perannya dalam kehidupan ini. Contoh nya antara suami dan istri, anak dan orang tua, bos dan karyawan, tetangga, dll



Mengapa mereka bertengkar? karena mereka tidak memahami karakter masing masing pihak. Jadi kadang mereka "salah" bersikap dan memperlakukan pihak lain, alhasil akan membawa keributan. Dengan artikel dibawah ini diharapkan orang bisa memahami karakter orang lain dan kemudian dapat bersikap dengan benar terhadap orang tersebut sehingga diharapkan terjadinya hubungan yang baik dan rukun.

Karakteristik orang berdasarkan emosinya dibagi menjadi 4 yaitu:

1.Tipe Orang Sanguinis
Orang dengan karakter ini emosinya bagaikan Api, mudah muncul dan mudah pula lenyap.
Orang Sangunis emosi nya mudah naik, mudah marah-marah, mudah bahagia, mudah sedih, tapi mudah pula emosinya "turun". Terkadang ia marah marah, tapi dalam 5 menit ia bisa ketawa ketiwi.

Ciri orang Sangunis:
- Humoris
- Enerjik
- Ceria
- Tidak pendendam
- Cerewet
- Santai
- Terbuka
- Tidak sabaran
- Tidak sensitif
- Toleran

Kelebihannya :
-Lucu
-Pikiranya tidak rumit, alias sederhana
-Tidak pendendam

Kekurangannya :
-Kadang tidak bertanggung jawab dalam bertindak
-Tekadnya /niatnya mudah patah
-Kadang terlalu cerewet
-Terkadang kurang teliti

Saat berinteraksi/ berhubungan dengan orang tipe Sanguinis
Yang harus dilakukan / yang boleh dilakukan :
- banyak ngomong

Yang tidak boleh dilakukan :
- Sedikit ngomong
- Diajak ngomong tidak menjawab
- Meruwetkan masalah

Itulah tadi hal-hal yang sebaiknya dilakukan atau dihindari saat anda berinteraksi dengan orang bertipe Sanguinis. Jika tindakan anda tepat, dalam artian anda menghindari "hal yang tidak boleh dilakukan" dan anda melakukan " hal yang sebaiknya dilakukan" kepada tipe orang Sangunis tersebut, maka anda akan dapat rukun dengan orang tipe tersebut. Akan tetapi jika anda melanggar hal tersebut diatas, maka kemungkinan besar hubungan anda dengan orang tipe tersebut akan tidak rukun. Demikianlah rahasia untuk berinteraksi dengan orang tipe Sangunis.

2. Tipe Orang Melankolik
Orang dengan tipe ini emosinya mudah muncul (naik) dan sulit untuk hilang (turun). Jadi kalo orang bertipe ini sedih, maka sedihnya akan lama. Begitu pula jika ia merasa bahagia, emosi tersebut akan "meluap-luap" dan berlangsung lama. Emosinya bagaikan Air. Air kalo panas akan lama dinginnya, kalo dingin maka akan lama menjadi panas.

Ciri ciri orang Melankolik:
-Pendiam, penyendiri, teliti, sensitif, mudah tersinggung oleh hal kecil, tutur katanya halus, perhitungan, berfikiran rumit, cenderung menutup diri.

Kelebihan orang bertipe Melankolik:
-Teliti
-Halus dalam bertutur kata
-Daya ingat tajam

Kekurangan orang bertipe Melankolik:
-Pendendam , sekali ia tidak suka dengan orang, maka ia akan sangat membenci orang tersebut dalam waktu yang sangat lama.
-Sensitif : perasaannya sangat sensitif sekali, mudah tersinggung, mudah sedih saat melihat sesuatu.
-Kadang tidak bisa mengontrol emosinya (bahagia/sedih)
-Kadang diajak ngomong tidak menjawab
-Sering Negatif thingking (berpikiran negati terhadap semua hal)
-Peresah

Saat berinteraksi dengan orang bertipe Melankolik:
Yang harus dilakukan:
-bertutur kata halus, bila perlu beri salam saat berjumpa ( Selamat Pagi,dll) mereka angat menghargai salam seperti ini. Jangan sampai ada perkataan kasar sedikitpun bila sedang berbicara dengan orang bertipe Melankolik, karena mereka "sangat" sensitif sekali. Perkataan kasar atau agak kasar yang bersifat guyonan, akan terasa menyakitkan sekali bagi orang bertipe melankolik ini.


Yang tidak boleh dilakukan :
-Berkata kasar, mereka akan langsung sakit hati dan menjadi dendam kesumat dengan anda. Jadi hal ini adalah larangan besar untuk berkata kasar dengan dia !
-Mengerjai, mengejek, guyonan menghina, dll. Hal ini sangat tidak disukai oleh orang bertipe Melankolik.
Bahkan hanya sekedar guyon saja tidak boleh kasar terhadap orang melankolik ini !
-Jangan merugikan dia secara materi walau sedikitpun. Hal ini akan sangat menyakitkan bagi dia. Kalo ada hutang, sekecil apapun nilainya harus dibayar.

3. Orang bertipe Kolerik
Emosinya seperti Besi (kaku). Emosinya kaku, sikap dan tindakannya juga kaku, kalo sudah punya pendapat tidak dapat dibelokkan. Biasanya orangnya tegas, suka mengatur.

Ciri cirinya orang Kolerik:
- kaku, pendapatnya tidak bisa dibelokkan, kalo janjian harus on time, disiplin, kadang susah bercanda (serius).

Kelebihan:
-Disiplin tinggi, tegas dalam pendirian, naluri memimpin

Kelemahan
-terlalu kaku, tidak fleksible, keras hati

Saat berinteraksi dengan orang bertipe Kolerik:
Yang harus dilakukan;
- Jangan melawan pendapatnya
- Kalo janjian harus on time, jangan terlambat
- Kalo punya janji dengan orang tipe ini, harus ditepati
- Mengalah

Yang tidak boleh dilakukan:
- Beradu argumen/pendapat.
- Tidak disiplin
- Mengatur dia

Saat menghadapi orang bertipe Kolerik, jangan sampai beradu argumen/pendapat  dengannya, usahakan mengalah saja, kalo tidak cocok hindari tapi jangan berdebat dengan dia, jangan pernah mengatur dia, usahakan berdisiplin jika berinteraksi dengan dia.

4. Orang tipe Plegmatis
Orang bertipe ini emosinya stabil, dingin, tidak mudah bergerak.

Dia sangat tidak reaktif dalam segala hal, cenderung santai, cuek dan pasif. Tidak mudah tersinggung, tidak mudah bahagia.

Kelebihanya ;
-pendengar yang baik, santai, cuek, tidak mudah tersinggung, ada masalah kadang tidak dipikir

Kekuranganya:
-kadang terlalu pasif, lamban, kurang inisiatif, kurang peka

Yang harus dilakukan:
- tidak ada hal khusus dalam hal ini

Yang tidak boleh dilakukan:
- hampir tidak ada pantangan sikap terhadap orang plegmatis. dia tidak sensitif, tidak ruwet dan rumit pikiranya

Kesimpulan

Nah itu tadi ke empat karakteristis manusia. Kadang karakter tersebut bisa campuran, misal: ada orang yang bertipe Sangunis mix Plegmatik, dll

Kita harus bisa mengetahui orang disekitar kita termasuk orang tipe yang mana. Setelah tahu, maka pertama pahamilah bahwa karakter tersebut adalah bawaan lahir, sesuatu yang tidak bisa dirubah !, jangan sekali-kali ingin merubah karaker tersebut, karena tidak akan bisa! pahamilah karakter tersebut, lalu bertindaklah sesuai petunjuk diatas, hindari hal yg tidak boleh dilakukan seperti yang sudah tertulis diatas. Dan lakukanlah hal yang harus dilakukan.

Jika anda dapat memahami lalu menerapkan artkel diatas, maka niscaya anda akan bisa hidup rukun dengan orang orang disekitar anda.

Contoh kasus 1 : Orang tua menghadapi anak melankolik. Orang tua tidak boleh berkata kasar, harus bisa memberi ruang dia sendirian, anak melo tidak suka ramai-ramai campur dengan banyak orang. Selalu waspada bahwa si anak perasaannya sangat sensitif dan mudah terluka.

Contoh 2 : Suami menghadapi istri Kolerig, jangan beradu pendapat dengan istri, jika tidak cocok dalam perpendapat, mengalahlah, kemudian cari solusi tindakan (jangan berdebat). Jadilah disiplin, on time,dll

Contoh 3 Teman menghadapi teman Sanguinis, sering ajak dia ngomong (dia paling suka ngomong), jadilah sportif dalam segala tindakan terhadap dia.

Masih banyak lagi contoh kasus dalam kehidupan nyata dalam hal ini, silakan anda praktekan sendiri pengetahuan soal karakteristik manusia ini dalam anda berinteraksi dengan orang orang disekeliling anda, diharapkan anda akan dapat hidup rukun dengan mereka. Jika ada pertanyaan silakan hubungi admin di email : hicalofa@gmail.com .

Silakan membagikan artikel ini ke tempat lain, kalo bisa disertai sumbernya, kalo tidak bisa ya nga apa...yang penting di share...siapa tahu ada yang sedang membutuhkan mengetahuan soal hal ini.

Salam Action, Yuk Amal, Yuk Action.
Cara Agar Bisa Beradaptasi Rukun Dengan Orang Lain.



0 komentar:

Posting Komentar